Headline News

Diajak Berwirausaha, BPMPPKB Berikan Bantuan Perlengkapan Alat Masak

SERPONG, WEB TANGSEL - Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) tak pernah lelah memerangi kemiskinan. Apalagi di tahun 2015 masuk ke dalam prioritas melalui program pengentasan kemiskinan salah satunya lewat Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS).

 

Tidak hanya pengentasan kemiskinan, melalui P2WKSS, masyarakat pun diajak untuk dapat berwirausaha menambah penghasilan keluarga mereka. Untuk itu Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemberdayaan Perempuan Keluarga Berencana (BPMPPKB) Tangsel memberikan bantuan satu set alat memasak kepada 10 kelompok masyarakat di 10 Kelurahan binaan BPMPPKB.

Bantuan berupa oven, vacuum sealer, dan spinerr ini dalam rangka peningkatan kualitas hidup perempuan. Secara langsung diberikan oleh Kepala BPMPPKB Tangsel Apendi di Kantor BPMPPKB, Kecamatan Serpong, Kota Tangsel pada Senin, 28 Desember 2015.

Kepala BPMPPKB Tangsel Apendi menjelaskan, 10 kelompok binaan dari 10 Kelurahan diantaranya Pondok Ranji, Cirendeu, Bakti Jaya, Serua Indah, Buaran, Pondok Cabe Ilir,  Bambu Apus, Jurang Mangu Timur, Paku Alam, dan Perigi Baru. “10 Kelompok masyarakat ini sebelumnya sudah diberikan pelatihan memasak, dan sekarang diberikan satu set alat-alat untuk bikin kue dan lainnya,” ungkap mantan Camat Pondok Aren ini.

Kelompok masyarakat yang menerima bantuan bukanlah kelompok yang sama, namun kelompok yang berbeda setiap tahunnya. “Ini kelompok yang berbeda namun tetap di 7 lokasi kelurahan binaan P2WKSS,” jelasnya.

Kepala Sub Bidang Pengarusutamaan Gender dan Kualitas Hidup Perempuan pada BPMPPKB Tangsel, Mercy Apriyanti menjelaskan, setelah masyarakat diberikan pelatihan oleh BPMPPKB, pihaknya ingin masyarakat ini tidak berhenti sampai disitu saja, namun dapat mengembangkan pelatihan yang sudah diberikan dengan membuka usaha.

“Kita ingin mengajak masyarakat untuk menjadi wirausaha, dan dapat menambahkan pendapatan untuk diri sendiri dan keluarga, dengan membuka usaha kue dengan alat yang diberikan untuk kelompok mereka,” katanya. Makanya kita berikan Vacuum Sealer agar kemasannya bisa hampa udara jadi bisa lebih awet dan lebih bagus, jelasnya.

Terlebih lagi dalam rangka menyongsong era Masyarakat Ekonomi Asean yang penuh dengan persaingan. Jika ingin memenangkan persaingan tentunya barang produksi yang dihasilkan pun harus menarik. Makanya pihak BPMPPKB sebisa mungkin memberikan bantuan untuk meningkatkan nilai jual. (bpti-ts)