Headline News

Safari Pembangunan Ajang Silaturahmi Pemerintah dan Warga

SERPONG, WEB TANGSEL – Satu bulan yang lalu Kota Tangerang Selatan (Tangsel) memperingati hari jadinya yang ke tujuh. Selama itu pula kota Tangsel berupaya menuju terciptanya kota yang mandiri, damai, dan asri dengan masyarakatnya yang cerdas, modern, dan religus.

Hal tersebut diungkapkan oleh Assisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Tangsel Ismunandar, dalam Safari Pembangunan di Aula Kecamatan Serpong, Kota Tangsel pada Senin, 21 Desember 2015.

“Dalam rangka mewujudkan apa yang kita inginkan, berbagai upaya sesungguhnya telah kita lakukan. Dalam hal proses pembangunan, kita melakukan secara bertahap,” ungkap Ismunandar.

Tahapan tersebut dimulai dengan menjaring aspirasi masyarakat melalui kegiatan musrenbang, kemudian menyusun perencanaan pembangunan yang matang, menetapkan skala prioritas pembangunan berdasarkan permasalahan yang masih dihadapi.

“Kemudian bersama-sama DPRD menetapkan anggaran untuk pembangunan dan selanjutnya seluruh satuan kerja perangkat daerah melaksanakan kegiatan-kegiatan pembangunan tersebut,” tukasnya.

Satu hal yang tak dapat dilupakan, dalam proses pembangunan ini, keikutsertaan, partisipasi dan dukungan masyarakat selalu ada. Hal ini menunjukan rasa memiliki, kepedulian, dan concern masyarakat terhadap pembangunan di wilayah.

Usaha yang dilakukan bersama telah membawa dampak baik yang bisa dirasakan oleh masyarakat, seperti peningkatan infrastruktur perkotaan, baik jalan kota, jalan lingkungan, kantor kecamatan dan kantor kelurahan, balai warga, bedah rumah, sarana air bersih, dan sanitasi lingkungan, pertamanan dan sarana pengelolaan sampah.

Peningkatan akses pendidikan dasar dan menengah melalui pemberian dana BOS Daerah (BOSDA), pemberian beasiswa bagi siswa miskin dan siswa berprestasi, pembangunan ruang kelas baru untuk menampung murid baru yang masuk SD, SMP, SMA, dan SMK yang hingga kini masih terus dibangun

“Kami berusaha mempercepat penyelesaian pembangunan tambah ruang kelas ini, agar tahun-tahun mendatang tidak ada lagi calon anak didik kita yang ditolak masuk ke sekolah negeri yang disebabkan oleh terbatasnya daya tampung siswa,” papar Ismunandar.

Selain itu, peningkatan pelayanan kesehatan melalui peningkatan pelayanan di puskesmas-puskesmas yang sudah gratis sejak September 2012 lalu. Pelayanan rujukan gratis di RSU Kota Tangsel sejak September 2013 lalu. Dan di RS Swasta dengan program Jaminan Kesehatan Masyarakat (JKM).

“Walaupun saat ini masih dalam kondisi pembangunan, namun RSU kita sudah mampu memberikan pelayanan yang terus meningkat. Pada saat safari pembangunan tahun lalu, ada beberapa masukan terhadap kualitas pelayanan RSUD, ini akan terus kita tingkatkan,” paparnya.

Sementara Camat Serpong Mursinah menjelaskan capaian pembangunan wilayah Kecamatan Serpong Tahun 2015 telah membangun 7 Balai Warga di Kelurahan Buaran, Cilenggang, Lengkong Wetan, Lengkong Gudang Timur, dan Rawa Buntu. “Untuk kelurahan yang belum dibangun Balai Warga akan dilaksanakan pada tahun anggaran berikutnya,” jelas Mursinah.

Pada tahun ini, Puskesmas di Kelurahan Lengkong Wetan sudah terbangun. Untuk pembangunan kantor Kelurahan hanya Kelurahan Serpong. Namun di 2016 Kelurahan Rawa Buntu, Buaran, Lengkong Gudang Timur, dan Lengkong Gudang akan dibangun.

“Pada tahun ini telah dilakukan peningkatan kualitas jalan lingkungan sepanjang 13.5 km yang tersebar di 9 Kelurahan dana akan terus ditingkatkan di tahun berikutinya,” paparnya di hadapan ratusan warga.

Pembangunan SD hanya dua, SD Cilenggang dan SD Rawa Buntu. Sedangkan program bedah rumah tahun 2015 mencapai  36 unit. Di wilayah Kecamatan Serpong juga telah dibangun MCK Umum sebanyak 8 unit. Serta peningkatan saluran air/drainase yang dilaksanakan di 9 Kelurahan.

Kecamatan Serpong juga memberikan program pelatihan computer dan bahasa asing kepada warga, dengan bekerjasama dengan Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) Wahana Mandiri Pondok Cabe.

“Kami akan terus meningkatkan program pembinaan UKM dan Fasilitasi Pameran UKM serta Bazar Ramadhan. Ini bisa dilakukan untuk meningkatkan pendapatan warga Serpong,” pungkasnya.

Safari Pembangunan adalah program rutin tahunan yang diusung Pemerintah Kota Tangerang Selatan sebagai bagian dari pertanggungjawaban publik. Jajaran Pemerintah Kota Tangerang Selatan mendatangi warga di tujuh kecamatan secara bergantian. Hari Jum'at,18-12-2015  Tim berkunjung ke Kecamatan Pamulang dan Ciputat Timur. Hari Sabtu,19-12-2015 Kecamatan Ciputat, Kecamatan Pondok Aren dan Kecamat Serpong