Headline News

Karang Taruna Tangsel Bentuk Sekolah Kewirausahaan Pemuda dan Koperasi

SERPONG, WEB TANGSEL - Dalam upaya menciptakan pemuda-pemudi Tangerang Selatan yang berjiwa entrepreneur, Karang Taruna Kota Tangsel membuat Sekolah Kewirausahaan Pemuda dan Launching Pembentukan Koperasi Tawira yang digelar di Remaja  Kuring, Kecamatan Serpong pada Kamis, 17 Desember 2015.

 

Sekolah  Kewirausahaan Pemuda ini nantinya akan mengajarkan para pemuda untuk menjadi wirausaha yang kreatif dan inovatif.
Ketua Karang Taruna Tangsel Abdul Rasyid menjelaskan, tempat yang paling cocok untuk remaja-remaja yang ingin memberikan ide kreatif, inovatif, dan menjadi wirausaha serta menjadi orang yang sukses di masa depannya adalah Karang Taruna.

“Karang taruna merupakan wadah untuk mendapatkan dan memberikan jiwa entrepreneurship kepada anggotanya untuk menjadi manusia sukses di masa depannya bahkan sejak masih remaja,” ungkapnya.
Untuk itu, Karang Taruna Tangsel bekerjasama dengan BPPT, akan mengajak pemuda Tangsel untuk menjadi seorang wirausaha yang sukses membangun wilayahnya.

Dengan adanya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) atau perdagangan bebas yang mengikutkan Indonesia sebagai anggotanya, tentu saja harus diambil langkah-langkah agar bangsa Indonesia khususnya para pemuda siap dan tangguh menghadapinya. Terlebih dengan melihat dampak yang akan terjadi apabila anak-anak bangsa kalah bersaing dengan Negara negara lain yang sudah memiliki banyak perusahaan besar yang menggunakan teknologi modern. 

Bahkan Negara lain telah membuat produk-produknya lebih berkualitas dan lebih kompetitif sehingga kini masyarakat Indonesia akan bersaing lebih ketat lagi untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang bagus di situasi MEA telah di laksanakan. “Terutama generasi muda Indonesia, tentu saja kami tidak ingin remaja remaja Indonesia khususnya Tangsel hanya menjadi pegawai perusahaan asing saja yang disuruh-suruh untuk bisa menghasilkan keuntungan maksimum bagi pihak perusahaan asing,” jelasnya. 

Oleh sebab itu generasi muda Tangsel harus mempunyai jiwa entrepreneurship. Apabib potensi ini dapat ditanamkan sejak remaja maka akan menjadi hal positif bagi kehidupan masyarakat Tangsel. Lanjutnya, sekolah ini bukan seperti sekolah formal pada umumnya, namun sekolah ini menjadi ajang diskusi para pemuda dengan para pakar atau usahawan yang sudah sukses dalam menjalankan bisnisnya, sehingga pemuda-pemudi Tangsel bisa mengembangkan usahanya untuk lebih maju lagi.

“Kita akan bentuk forum diskusi usaha, memberikan motivasi dan semangat mereka untuk dapat bersaing di MEA mendatang,” katanya.

Sekjen Karang Taruna Tangsel Fiqri Yp menjelaskan, untuk saat ini yang mengikuti sekolah kewirausahaan ini berasal dari masing-masing kelurahan yang ada di Tangsel. “Satu orang peserta berasal dari satu Kelurahan,”katanya.

Tidak hanya akan membuat sekolah kewirausahaan, Karang taruna Tangsel melaunching koperasi tawira. “Peserta koperasi yakni anggota karang taruna Tangsel,”pungkasnya. (bpti-ts)