Headline News

Tanamkan Cinta Daerah Budpar Gelar Lomba Mars Tangsel

SETU, WEB TANGSEL - Sebanyak 40 Sekolah Menengah Atas (SMA) Dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), mengikuti lomba menyanyikan lagu Mars Tangsel yang diselenggarakan Kantor Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) Kota Tangerang Selatan di Graha Widya Bhakti Puspiptek, Kecamatan Setu, Kota Tangsel pada Jumat, 18 Desember 2015.

 

Kepala Kantor Budpar Yanuar menjelaskan, pihaknya akan membuat edaran dari Walikota agar sekolah-sekolah menyanyikan lagu mars Tangsel ini saat upacara bendera. “Kita akan memberikan surat edaran tertulis, sehingga generasi muda mengetahui akan lagu ini,” katanya.

Lanjutnya, kegiatan lomba mars Tangsel ini bertujuan untuk mengaktualisasikan serta mengapresiasi kreativitas dan bakat para peserta, memotivasi para peserta dalam meningkatkan minat serta bakat prestasi yang baik melalui peran dan karya nyata.

Sebagai sarana evaluasi kesiapan dan kemampuan para peserta pada bidang yang mereka tekuni dan minati. “Hasil yang diharapkan dari kegiatan lomba lagu mars tangsel tingkat SMA ini adalah terciptanya generasi muda yang kreatif di bidang seni musik dan membangkitkan semangat cinta terhadap lagu nasional dan daerah,” katanya sambil mengatakan, para pemenang nantinya akan mendapatkan tropi serta uang pembinaan.

Dewan Juri Dhinny Anjung Sari mengatakan, penilaian yang dilakukan mencangkup materi suara, teknik vokal, intonasi, artikulasi,ekspresi dan impresi artistic secara keseluruhan. “Kita akan menilai tim ini, suara, penampilan serta pembawaan kemampuan karakter suara,” ungkap Dosen Universitas Indonesia ini.

Sementara Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany memaparkan bahwa kegiatan ini menjadi hal sangat baik. Di mana Tangsel sudah memiliki Mars Tangsel, sudah mulai tersosialisasi, namun belum maksimal. “Maka ke depan kita akan membuat Perwal, di mana akan mewajibkan dalam setiap event tertentu untuk menyanyikan lagu Mars Tangsel,” pungkas Walikota.

Walikota Airin pun mengatakan, untuk lomba Mars Tangsel tidak hanya dilaksanakan tahun ini. Dalam rangka event di gelanggang pun nanti akan digelar. “Mudah-mudahan masyakat bisa mengetahui liriknya, dan mencintai kotanya. Dengan cinta, kita , lebih mudah dalam menjadi fasilitator dan katalisator,” papar Walikota Airin.

Uniknya, dari 40 peserta, banyak siswa yang belum mengetahui lirik mars Tangsel, bahkan baru menghafal sehari hingga dua hari sebelum lomba berlangsung. Seperti peserta dari SMK Fadilah Pondok Aren, yakni Iqbal Surya Fajar (14), dia baru mendengarkan lagu mars tangsel, satu hari sebelum lomba paduan suara ini. “Saya baru tahu lirik dan lagunya, pas mau ikut lomba, sehari menghafal lagu, semoga hasilnya bagus,” ungkap Iqbal bersama dengan kelompoknya.

Namun setelah mendengarkan lagu tersebut, Iqbal merasa lagu tersebut bagus untuk memacu generasi muda Tangsel untuk membangun wilayahnya, sayangnya lagu tersebut tidak pernah dinyanyikan dalam acara-acara penting di Tangsel ini, sehingga generasi muda Tangsel belum mengenal akan lagu ini. “Liriknya bagus, namun masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui lagu ini,” ungkapnya.

Hal senada disampaikan Nadira siswi SMA Plus Pembangunan Jaya, dia bersama tujuh temannya baru menghafal lagu mars tangsel tiga hari yang lalu. “Kita baru tahu, dan belum sempat mendengarnya, didengarkan lagunya lalu kita hafalkan untuk lomba ini,”ungkap Nadira bersama timnya yang menggunakan seragam hitam dan bawahan batik ini.

Wakil Kesiswaan SMA Plus Pembangunan Jaya Dessy Larosa mengatakan, undangan untuk mengikuti lomba ini sangat dadakan. “Kita menerima surat hari selasa, dan jumat lombanya, jadi anak-anak menghafal hanya tiga hari,” ungkapnya.

Dia mengatakan, lagu mars tangsel ini sebenarnya bagus, namun sayangnya belum tersosialisasikan dengan baik, dia berharap, lagu ini menjadi lagu wajib yang dinyanyikan disetiap upacara sekolah hari Senin, setelah lagu-lagu nasional.

“Saran kita kepada Kantor Pariwisata, pas upacara lagu ini wajib dinyanyikan disekolah-sekolah, sehingga anak-anak muda mengetahui, kalau Tangsel mempunyai lagu marsnya,” jelasnya. (bpti-ts).