Headline News

Antisipasi Kecelakaan Saat Mudik, Dishub Tangsel Lakukan Ramp Check

 

SERPONG, WEB TANGSEL - Meskipun baru menginjak bulan suci Ramadhan, namun persiapan menjelang momentum keagamaan yang identik dengan budaya mudik tersebut harus dilakukan dari sekarang.

Dinamika mudik sangat komplek karena terjadi mobilisasi warga antar kota dalam jumlah besar pada waktu relatif sempit. Mobilisasi warga dalam jumlah besar tersebut perlu dukungan sarana angkutan umum yang menjamin keselamatan para penumpang.

“Dalam upaya menjamin keselamatan dan kenyamanan para pemudik saat lebaran nanti, serta menekan resiko terjadinya kecelakaan, kita melakukan pengecekan atau ramp check ke setiap pool bus yang ada di Kota Tangerang Selatan,” jelas Kepala Dinas Perhubungan Kota Tangsel Sukanta.

Kegiatan lnspeksi Keselamatan (Ramp Check) Lalu Lintas Bidang Angkutan Umum ini dilaksanakan bendasarkan instruksi Menteri Perhubungan RI Nomor 10 Tahun 2017 tentang Pemeriksaan Kelaiakan Sarana Transportasi dan Keputusan Dirjen Perhubungan Darat Nomor AJ.201/5/6/DRJD/2016 Tentang Pelaksanaan lnspeksi (ramp check).

Pemeriksaan kelaikan jalan kendaraan tersebut dilaksanakan mulai dari tanggal 22 Mei 2017 sampai dengan 24 Juni 2017. “Kegiatan Ramp check difokuskan pada tiga unsur penting yaitu Administrasi, Teknis Utama, dan Teknis Penunjang," terang Sukanta.

Unsur administrasi meliputi SIM umum, Surat Tanda Uji Kelaikan (STUK), Kartu Pengawasan Reguler dan Kartu Pengawasan Cadangan (untuk kendaraan cadangan). Kemudian unsur teknis utama mencakup Sistem Penerangan, Sistem Pengereman, Badan Kendaraan, Ban dan Perlengkapan seperti sabuk keselamatan pengemudi. Untuk unsur teknis penunjang, yang akan diperiksa adalah Pengukur kecepatan, Kapasitas Tempat Duduk dan Tangga Darurat.

Apabila tidak memenuhi persyaratan administrasi dan teknis maka akan mendapatkan sanksi berupa tindakan tilang dan dilarang beroperasi. Sedangkan jika ditemukan pelanggaran pada unsur teknis penunjang, direkomendasikan boleh beroperasi dengan catatan objek tersebut segera dilengkapi dan dipenuhi.

Untuk kendaraan yang memenuhi persyaratan atau laik jalan, akan dipasangi stiker yang menunjukkan bahwa kendaraan tersebut telah melalui proses pemeriksaan. Dimana kendaraan yang dinyatakan laik jalan adalah kendaraan yang telah lulus uji persyaratan administrasi, teknis utama dan teknis penunjang.

"Dalam rangkaian pelaksanaan kegiatan Ramp Check ini juga, kita melibatkan unsur Tentara Nasional Indonesia (TNl), jajaran Kepolisian dan Badan Narkotika Nasional (BNN)," ungkapnya.

Hal ini dimaksudkan untuk meminimalisir faktor kecelakaan yang disebabkan karena faktor manusia (human error) seperti penggunaan obat-obatan terlarang dan minuman beralkohol oleh awak pengemudi.

“Cek urine untuk mengantisipasi penyalahgunaan Narkoba oleh para awak bus mudik, kita lakukan nanti saat pemberangkatan" tutup Sukanta. (Diskominfo-ts1)